Monday, November 4, 2013

Berhati - hatilah Ketika Berada di Kolam Renang Umum


Berenang merupakan olahraga yang asyik, apalagi bila ditemani oleh rekan ataupun keluarga. Apalagi di musim panas, kolam renang umum akan dipenuhi pengunjung ketika hari libur.


Dibalik asyiknya berenang di kolam renang, ternyata ada Sesuatu yang mengintip lho sob, apakah itu??? yuk kita cari tahu sob,,,

Feses

Pengunjung yang berada di kolam renang berkontribusi sebagai penyebab adanya feses. Itulah yang disampaikan oleh Centers of Disease Controls (CDC). Pengunjung yang berada di olam renang selama 15 menit, akan menularkan feses kurang lebih 0,14 gr.

E. Coli

Jika berkaitan dengan feses, pastinya akan berkaitan dengan bakteri ini. Menurut CDC, 161 kolam renang umum di Atalanta, US mengandung bakteri tersebut. 
Jadi buat sobat semua, dianjurkan untuk mandi dengan sabun sebelum memasuki kolam renang umum.

Recreational Water Illness (RWI)

Rwi ini, disebabkan reaksi terhadap kuman karena menelan air yang kotor. Selama beberapa tahun terakhir kasusnya semakin meningkat. Penyakit yang disebabkan oleh RWI ini adalah Diare.

Cryptosporidium dan Giardia

Crypto dan Giardia ini sama sama penyebab Diare. Parasit tersebut juga anti terhadap Kaporit, jadi di Kolam bersih pun bisa berpotensi terjangkit Crypto dan Giardia.
Parahnya lagi, Giardia dapat menular melalui hewan ke manusia dan manusia.

Urine

Satu dari Lima orang mengaku suka kencing di kolam renang. Berbahaya memang, karena kandungannya yang sangat tidak baik, Urine juga dapat melemahkan kinerja Kaporit, sehingga perenang beresiko terkena penyakit.

Kaporit

Kaporit memang berfungsi untuk melenyapkan berbagai parasit, tetapi ada sebagian Kolam Renang yang menggunakan Kaporit yang berkualitas rendah sehingga menghasilkan bau yang sangat tajam. Kaporit yang berbau tidak baik untuk pernafasan, khususnya untuk anak kecil.


Baca Juga :

0 comments:

Post a Comment