Saturday, October 12, 2013

Bernafas Melalui Mulut, Bolehkah????


Nafas dan pernapasan merupakan bagian penting dari semua disiplin ilmu yang dirancang untuk memimpin manusia untuk penguasaan tubuh, pikiran dan jiwa.
Tapi apakah aktivitas pernafasan yang kita lakukan selama ini sudah benar?


Well, kita cari tahu dibawah sob,,

The ' fight or flight' response

Tahukah Anda, bahwa bernafas  melalui mulut adalah penyebab hyperventilation, suatu kondisi dimana darah menjadi terlalu banyak oksigen dan tingkat karbon dioksida dalam darah jauh di bawah tingkat optimal. Hal tersebut menyebabkan penurunan tekanan darah , kesemutan pada ekstremitas dan kadang-kadang bahkan pingsan .

Reaksi ini, lebih dikenal sebagai 'fight or flight' response karena sama persis dengan apa yang terjadi ketika kita menghadapi situasi darurat . Hal tersebut mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang dapat menyebabkan berkurangnya sekresi pada pencernaan dan mempercepat jantung berdetak.

Lalu, bagaimana cara bernafas dengan baik?????
Lanjut dibawah....


Fokus pada Pernafasan Hidung

Bernapas melalui hidung dapat mengaktifkan diafragma dan membantu Anda untuk menarik udara ke bagian terdalam dari paru-paru Anda , menggunakan kapasitas paru-paru penuh untuk menyerap banyak oksigen.

Dengan melewati hidung Anda , udara juga telah disaring dan dipanaskan , sehingga dalam keadaan terbaik untuk pertukaran oksigen yang maksimal

Hal ini juga mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang melakukan kebalikan dari sistem saraf simpatik - memperlambat denyut jantung , melebarkan pembuluh darah dan merangsang pencernaan . Ini menyebabkan keadaan relaks dan terjadi integrasi antara tubuh , pikiran dan jiwa yang menjelaskan mengapa dalam pernapasan hidung sangat mendasar untuk yoga, bela diri dan praktik kesehatan lainnya .

Oleh karena itu, bernapas melalui hidung jelas merupakan cara yang benar untuk bernapas dan  lebih efisien saat berolahraga maupun tidak, karena menghasilkan lebih banyak oksigen sampai ke otot dan otak, denyut jantung menurun dan rasa santai ketenangan bila dibandingkan dengan bernapas melalui mulut.


Selamat Mencoba Sob!!!!!!!!


Baca Juga :

Asma
Makanan Penyebab Bau Mulut Tiidak Sedap
3 Cara Mengetahui Kebersihan Rumah Makan

0 comments:

Post a Comment